Wahyudi, Isa dan Busyra Azheri.
Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang :
Setara Pers (Group Penerbit Intrans), 2011.
xxvi, 242hal; 23 cm
ISBN 978-602-9811-0-0
KODE BUKU : PR/2/WAH
xxvi, 242hal; 23 cm
ISBN 978-602-9811-0-0
KODE BUKU : PR/2/WAH
Review
Isu
CSR (Corporate Social Responsibility) sudah ramai dibicarakan orang apalagi
dengan masuknya unsur tersebut dalam pelaksanaan perusahaan yang termaktub di
dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1997 di pasal 74. Banyak orang sudah akrab
dengan istilah ini, namun sebenarnya masih buta tentang CSR ini. Buku ini pada
bagian awal membahas perkembangan CSR sejalan dengan pertarungan ekonomi
politik liberal. Seperti apa yang sudah dilakukan Newmont Minahasa, Exxon
Mobil, PT Freeport dan lain-lain. Juga kegagalan Lapindo Berantas dalam
pelaksanaan CSR. Gelombang kesadaran CSR bangkit sejalan dengan ramainya
seminar, konferensi dalam forum-forum internasional sebagai konter terhadap
pasar global yang makin liberal. Dalam kesadaran pada keterbatasan pemahaman,
buku ini mengajukan tema tanggungjawab dari makna responsibility, didalamnya
ada 3 unsur yang harus dipahami, yakni; kesadaran (awareness),
kecintaan/kesukaan (affiction), dan keberanian (bravery).
Dalam
membahas CSR ada beberapa isu yang bisa digunakan, yakni; konsep Sosial,
Ekonomi dan lingkungan (hal. 45) yang kemudian akan dikenal dengan istilah 3BL
(Triple Bottom Line). Buku ini juga menyebutkan dengan rinci isu-isu terkini
pembahasan internasional, seperti; Protocol Kyoto yang membicarakan tentang
kebersihan lingkungan udara, KTT Millenium di New York dan lain-lain. Tidak itu
saja, buku ini berbicara juga tentang 3P, yakni; People, Profit dan Planet yang
semuanya berkaitan dengan pandangan orang dalam pelaksanaan CSR yang
dihubungkan dengan penampilan model ISO 26000 – Guidance Standard on Social
Responsibility. Pada bagian implementasi CSR pada buku ini ditambahkan unsur
budaya yang merupakan pengembangan konsep yang sudah ada.
Tidak
itu saja aturan-aturan hukum dan bisnis yang bisa dirujuk dalam pelaksanaan CSR
dipaparkan lengkap dalam buku ini. Buku ini juga menunjukkan kegiatan-kegiatan
apa saja yang sudah dilakukan oleh perusahaan besar untuk program CSR mereka.
Apa, dimana dan berapa budget yang dilakukan untuk keperluan apa CSR itu
dilakukan. Meski kelemahan buku ini adalah tidak menukik pada kasus perkasus
bagaimana implementasi CSR, namun buku ini sangat membuka cakrawala orang yang
membacanya tentang hal ikhwal CSR dari sisi isu, pelaksanaan dan konflik
kepentingan di dalamnya. (Pris)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar