Perencanaan
Laporan Bisnis
Laporan
bisnis ialah laporan yang memiliki sifat netral(tidak memihak), memiliki tujuan
yang jelas dan berisi rencana penyajian fakta
untuk tujuan bisnis tertentu. Laporan Bisnis dapat digolongkan menjadi
beberapa,sebagai berikut:
§ Menurut
fungsinya.
Laporan
informasional ialah laporan yang memberi sebuah informasi, serta menyajikan fakta-fakta tanpa melakukan
analisis, kesimpulan, dan tanpa
memberikan rekomendasi. Laporan Analisis merupakan laporan yang menyajikan
fakta, dengan menganalisis dan menginterprestasikan, dan kemudian menyimpulkan
lalu memberi rekomendasi. Contohnya : laporan kemajuan pekerjaan, Rekomendasi
dan proposal.
§ Menurut
subyeknya
Menurut
subyeknya ialah laporan yang dapat
dibedakan menurut departemen dimana
suatu laporan itu diperoleh. Contoh : Laporan Akuntansi, Personalia, Produksi
dan sebagainya.
§ Menurut
Formalitasnya.
Menurut
Frekuensinya. Laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau
nonformal, apakah secara berkala atau khusus.dan Laporan menurut keasliannya,
terdiri atas: laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, dan laporan
public.
§ Menurut
keasliannya
o
Laporan Otoritas : laporan yang disusun atas dasar
permintaan atau kuasa dari orang lain.
o
Laporan sukarela : inisiatif dari pembuat
laporan itu sendiri.
o
Laporan swasta : laporan yang disusun oleh
organisasi atau perusahaan swasta.
o
Laporan public : dibuat oleh lembaga pemerintah
atau lembaga yang dibiayai Negara.
§ Menurut
frekuensinya
Terdiri
dari laporan berkala yakni laporan yang disusun harian, mingguan, bulanan,
semesteran,maupun tahunan.contoh: laporan penjualan, dll. Laporan Khusus :
laporan atas kejadian yang unik(khusus) seperti laporan mengenai krisis dalam
perusahaan.
§ Menurut
jenisnya
laporan
formal sering disebut dengan laporan panjang. Laporan infomal meliputi laporan
memorandum, laporan surat, dan laporan cetak.
Suatu laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan.
Laporan formal biasanya lebih panjang daripada laporan informal. Laporan surat
ialah suatu laporan yang menggunakan format surat dengan kepala surat. Laporan
dalam bentuk cetakan mempunyai judul yang sudah tercetak, instruksi, baris-baris
kosong.
§ Menurut
pelaksanaan Pertemuan
Agenda
: suatu dokumen yang biasanya terdiri
atas jadwal pelaksanaan dan topic yang akan dibahas dalam pertemuan. Resolusi
merupakan laporan singkat secara formal berisi hasil consensus suatu pertemuan.
Notulen adalah laporan resmi yang Mencakup pembahasan yang lebih luas dan
berisi hasil pertemuan atau konferensi penting.
A.
Bagian pokok dalam laporan bisnis :
v Pendahuluan
v Pemberi
kuasa
v Layout
v Masalah
v Maksud
penulisan laporan
v Ruang
lingkup
v Metodologi
v Sumber
sumber primer atau sekunder
v Latar
belakang
v Definsi
istilah
v Keterbatasan
v Rekomendasi
v Isi
teks
v Penutup
v Rangkuman
v Kesimpulan
v Rekomendasi
v Rencana
tindakan
v Proposisi
B.
Pengorganisasian isi dalam Laporan bisnis
Cara menyusun laporan ada 2 cara yaitu :
*
Cara deduktif, menjelaskan atau menggambarkan laporan dari belakang
kedepan atau menjelaskan rekomendasi dahulu sebelum hal yang penting dijelaskan.
*
Cara induktif , menjelaskan fakta fakta terlebih
dahulu sebelum ide ide pokok atau kesimpulan dijabarkan
Sumber:
http://www.academia.edu/9345170/BAB_I_PENDAHULUAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar