Sabtu, 25 November 2017

Perencanaan Laporan Bisnis







Perencanaan Laporan Bisnis

Laporan bisnis ialah laporan yang memiliki sifat netral(tidak memihak), memiliki tujuan yang jelas dan berisi rencana penyajian fakta  untuk tujuan bisnis tertentu. Laporan Bisnis dapat digolongkan menjadi beberapa,sebagai berikut:
§  Menurut fungsinya.
Laporan informasional ialah laporan yang memberi sebuah informasi,  serta menyajikan fakta-fakta tanpa melakukan analisis,  kesimpulan, dan tanpa memberikan rekomendasi. Laporan Analisis merupakan laporan yang menyajikan fakta, dengan menganalisis dan menginterprestasikan, dan kemudian menyimpulkan lalu memberi rekomendasi. Contohnya : laporan kemajuan pekerjaan, Rekomendasi dan proposal.

§  Menurut subyeknya
Menurut subyeknya ialah  laporan yang dapat dibedakan menurut  departemen dimana suatu laporan itu diperoleh. Contoh : Laporan Akuntansi, Personalia, Produksi dan sebagainya.
§  Menurut Formalitasnya.
Menurut Frekuensinya. Laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau nonformal, apakah secara berkala atau khusus.dan Laporan menurut keasliannya, terdiri atas: laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, dan laporan public.
§  Menurut keasliannya
o  Laporan Otoritas : laporan yang disusun atas dasar permintaan atau kuasa dari orang lain.
o  Laporan sukarela : inisiatif dari pembuat laporan itu sendiri.
o  Laporan swasta : laporan yang disusun oleh organisasi atau perusahaan swasta.
o  Laporan public : dibuat oleh lembaga pemerintah atau lembaga yang dibiayai Negara.
§  Menurut frekuensinya
Terdiri dari laporan berkala yakni laporan yang disusun harian, mingguan, bulanan, semesteran,maupun tahunan.contoh: laporan penjualan, dll. Laporan Khusus : laporan atas kejadian yang unik(khusus) seperti laporan mengenai krisis dalam perusahaan.
§  Menurut jenisnya
laporan formal sering disebut dengan laporan panjang. Laporan infomal meliputi laporan memorandum, laporan surat, dan laporan cetak.  Suatu laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan. Laporan formal biasanya lebih panjang daripada laporan informal. Laporan surat ialah suatu laporan yang menggunakan format surat dengan kepala surat. Laporan dalam bentuk cetakan mempunyai judul yang sudah tercetak, instruksi, baris-baris kosong.
§  Menurut pelaksanaan Pertemuan
Agenda : suatu dokumen yang  biasanya terdiri atas jadwal pelaksanaan dan topic yang akan dibahas dalam pertemuan. Resolusi merupakan laporan singkat secara formal berisi hasil consensus suatu pertemuan. Notulen adalah laporan resmi yang Mencakup pembahasan yang lebih luas dan berisi hasil pertemuan atau konferensi penting.

A.          Bagian pokok dalam laporan bisnis :
v  Pendahuluan
v  Pemberi kuasa
v  Layout
v  Masalah
v  Maksud penulisan laporan
v  Ruang lingkup
v  Metodologi
v  Sumber sumber primer atau sekunder
v  Latar belakang
v  Definsi istilah
v  Keterbatasan
v  Rekomendasi
v  Isi teks
v  Penutup
v  Rangkuman
v  Kesimpulan
v  Rekomendasi
v  Rencana tindakan
v  Proposisi

B.           Pengorganisasian isi dalam Laporan bisnis
Cara menyusun laporan ada 2 cara  yaitu :
*          Cara deduktif, menjelaskan  atau menggambarkan laporan dari belakang kedepan atau menjelaskan rekomendasi dahulu sebelum hal yang penting dijelaskan.
*          Cara induktif , menjelaskan fakta fakta terlebih dahulu sebelum ide ide pokok atau kesimpulan dijabarkan

Sumber:
http://www.academia.edu/9345170/BAB_I_PENDAHULUAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar